Peranan Telekomunikasi dan Jaringan pada Internet


Telekomunikasi merupakan pertukaran informasi dalam bentuk suara, data, teks, gambar, audio maupun video melalui jaringan berbasis internet dan computer.

Peranan Telekomunikasi dan Jaringan pada Internet
Peranan Telekomunikasi dan Jaringan pada Internet

Telekomunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan teknologi yang terus dikembangkan. Dalam perkembangan zaman pada saat ini jaringan dan telekomunikasi sangat erat hubungannya di kehidupan kita sehari-hari dan tanpa kita sadari jaringan dan telekomunikasi sering digunakan didalam keseharian kita. Contohnya saja handphone dan internet.

Teknologi ini bisa mengirimkan suatu informasi atau menerima informasi antar pihak yang berjauhan. Dengan adanya teknologi ini jarak yang jauh sudah tidak ada lagi. Kemajuan telekomunikasi untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang jauh tidak ada hambatan lagi.

Jaringan dapat membantu memberikan informasi secara up to date, memproses untuk berbagi data  dan memungkinkan kelompok-kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan sebagian besar system jaringan, penjadwalan, pemantauan proyek, dimana semuanya itu membantu para pekerja lebih produktif.

Di dalam jaringan telekomunikasi mencakup tiga bagian utama yaitu :

1) Perangkat transmisi dimana bertugas menyampaikan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Medianya berupa kabel yang menghubungkan beberapa tempat yang saling terhubung.

2) Perangkat switching bertugas menghubungi pemakai lain sesuai yang diinginkan. Penyambungannya menggunakan system manual.

3) Terminal merupakan peralatan untuk mengubah sinyal yang buruk menjadi sinyal elektromagnetik atau cahaya.

Dalam jaringan komunikasi perbedaan antara sinyal analog dan digital. Sinyal analog diwakili oleh bentuk gelombang kontinu dan melalui medium komunikasi yang digunakan untuk komunikasi suara. Sedangkan sinyal digital bentuk gelombang biner yang berbeda dari gelombang kontinu.

Terdapat banyak jenis jaringan berdasarkan jangkauan geografisnya: Local Area Network (LAN) menghubungkan PC dan perangkat digital lainnya dalam radius 500 meter. Wide Area Network (WAN) menjangkau daerah geografis yang mencakup wilayah, Negara dan benua.

Jaringan telekomunikasi ini menghasilkan pendapatan dari penjualan online, menarik pelanggan baru melalui iklan dan pemasaran di web, meningkatkan loyalitas kerja, dan mengembangkan pasar baru berbasis web.

System penyentara, telepon PCS dan seluler yang menggunakan beberapa teknologi komunikasi radio, dari semua jaringan yang ada dibagi menjadi beberapa area kecil. Setiap sel akan memiliki transmitter berdaya rendah atau antena siaran radio untuk menyiarkan panggilan dari sel ke sel lainnya. Computer dan prosesor komunikasi akan mengkordinir dan mengendalikan transisi dari satu area ke area lainnya.

Prosesor telekomunikasi berupa modem ini mengubah sinyal digital dari computer menjadi frekuensi analog yang dapat dikirim menggunakan saluran telepon biasa. Multiplexer merupakan prosesor komunikasi yang memungkinkan saluran komunikasi tunggal untuk melakukan transmisi data secara simultan dari banyak terminal. Prosesor berbasis internet, misalnya jaringan ini yang bertujuan untuk menghubungkan antar sirkuit telekomunikasi didalam jaringan.

~ HR

Sumber : https://www.kompasiana.com/elfaro/5725fc14959373da0985a14e/peranan-telekomunikasi-dan-jaringan-pada-internet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Fakta Tentang Koneksi 5G yang Katanya Bakal Segera Bisa Dinikmati Masyarakat Indonesia

Layanan Internet Rumah Termurah